Mengenal Prinsip Kerja AVR Genset

Saat ini, memenuhi kebutuhan daya listrik dapat dengan mudah dilakukan. Jika dahulunya masyarakat mengandalkan PLN sebagai sumber daya listrik, kini daya listrik dapat diperoleh melalui genset. Alat yang mampu menghasilkan energi listrik ini dapat dilakukan pada waktu-waktu yang diinginkan. Sama halnya dengan alat-alat kelistrikan lainnya, genset dilengkapi dengan komponen-komponen khusus yang menyebabkan genset mampu menghasilkan daya listrik. Salah satu komponen penting yang ada pada genset adalah AVR. Tempat yang jual AVR genset terbaik menyebutkan bahwa AVR berfungsi menjaga keseimbangan tegangan listrik yang dihasilkan oleh genset. Jika terjadi perubahan daya pada genset, AVR bekerja mengimbangi listrik yang mengalir ke barang-barang elektronik yang ada.

Prinsip kerja AVR adalah melakukan pengaturan arus penguatan atau excitacy yang berada di bagian exciter. Jika tegangan keluaran genset berada pada tegangan yang rendah, AVR akan meningkatkan tegangan keluaran genset yang diperlukan. Sebaliknya, AVR akan menurunkan tegangan jika tegangan keluaran genset berada pada kondisi yang tinggi. Prinsip kerja ini tentunya dipahami oleh toko-toko yang jual AVR genset sehingga mereka dapat menjelaskan kepada pelanggan akan produk yang dijualnya. Tempat yang jual AVR genset menawarkan komponen generator set ini dengan harga murah sehingga dapat menjangkau semua lapisan masyarakat yang membutuhkan komponen ini.

Jika AVR pada genset mengalami kerusakan, melakukan pembelian komponen di lokasi yang jual AVR genset menjadi hal biasa yang masyarakat lakukan. Sebelum melalukan pembelian di toko yang jual AVR genset, masyarakat dapat melakukan penanganan pertama terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melakukan pembersihan kumparan trafo dengan menggunakan kuas bersih. Masyarakat dapat juga melakukan pembersihkan kawat tembaga hingga mengkilat dengan menggunakan cutter. Jika kedua hal tersebut selesai dilakukan, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan melonggarkan baut yang bertugas untuk mengatur tegangan. Setelah itu, baut dapat dikencangkan kembali jika selesai melakukan pembersihan. Jika carbonbrush dirasa telah alus, mengganti carbonbrush dengan yang baru menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan sehingga genset dapat bekerja seperti biasanya.

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *